Jumat, 31 Mei 2013

31 Mei hari ini diperingati sebagai Hari Tanpa Rokok sedunia. Senang rasanya mendengar bahwa ada peringatan semacam ini, tapi kira-kira dampaknya bagi Indonesia apa ya??atau lebih sempit lagi dampaknya bagi kita yang bukan perokok apa ya?? Mengingat para pecandu rokok di Indonesia sudah sangat banyak dan kalau menurut saya sih semakin keras kepala *maap*dan pastinya tidak akan peduli dengan peringatan semacam ini -___-.
Kalau berbicara tentang rokok memang sangat menarik dan biasanya berujung pada diskusi panjang ataupun berakhir pada debat yang panas. Jadi ingat jaman SMP-SMA, bahasan ini menjadi semacam trending topik  yang sering diangkat jika kita diskusi maupun debat dalam kelas. Biasanya dalam diskusi ataupun debat pihak yang kontra rokok biasanya lebih menekankan tentang ampak kesehatan sementra pihak yang pro akan rokok sudah pasti senjata andalan mereka adalah para petani tembakau yang akan kehilangan lapangan pekerjaan mereka dan otomatis mereka semakin miskin. Ya, ini adalah sejata paling ampuh para pro rokok, siapapun mereka dan dimanapun mereka berdiskusi ataupun debat. Mungkin waktu SMP-SMA saya sendiri masih menganggap argument ampuh para ro rokok itu memang tak bisa dibantahkan. Tapi sekarang??. Melihat banyak fakta, saya sebenarnya pengen ketawa melihat negeri kita masih diselimuti oleh asap rokok ini.
Ya, berikut saya mau sedikit berbagi fakta yang saya peroleh tentang bantahan bahwa petani tembakau yang sering dibesar-besarkan oleh para pro rokok. Data ini saya peroleh dari sebuah penelitian lapangan tentang mitos kesejahteraan para petani tembakau oleh Tobacco Control Support Centre – Ikatan Ahli Kesehaatan Masyarakat Indonesia (TCSC-IAKMI). Supaya tidak ada kesan pengeditan maka data dan argumennya angsunng saya tampilkan pada artikel ini. *padahal males ngetik ulang sih..hehehee*
1. Fakta tentang Pertanian Tembakau
image
2. . Fakta Kondisi Sosial Ekonomi Petani Tembakau
image
3. Fakta Buruh Tani Perempuan dan Anak-anak
image
image
4. Fakta Perilaku Merokok Para Petani Tembakau
image
5. Fakta Kondisi Kerja dan Hubungan dengan Industri Rokok
image
image
image
image
6. Fakta tentang Pengalihan Usaha Pertanian
image
image
Nah loh kan banyak banget fakta yang sangat berkebalikan dengan apa yang selama ini didengungkan oleh para pro rokok maupun para perusahaan rokok. Ini baru fakta tentang petani nya lho yang dipaparkan, belum fakta tentang dampak kesehatan (ini umum sih), serta fakta tentang target terselubung para industry rokok alias remaja dan anak-anak. Kenapa dibilang target terselubung??. Jelas, karena para perusahaan rokok ini mengakunya target produk mereka adalah orang-orang dewasa padahal faktanya para perusaha rokok ini kebanyakan mensponsori kegiatan apa coba?? Yup, pastinya yang berhubunga dengan anak muda dong, mulai dari iklan, kegiatan konser sampai beasiswa pun dijabani, hahha. Masih menyangkal target mereka adalah remaja dan anak-anak? Hmm kalu gitu masih ingat kasus bocah aldi yang kecanduan rokok dong, itu cuma satu contoh tentang keberhasilan target mereka, fakta sekarang tentu kita sudah sangat banyak melihat bagaiman anak-anak SMP-SMA yang sok-sok an merokok seolah itu adalah hal terkeren yang bisa mereka lakukan dan akhirnya itu menjadi pemandangan biasa dilingkungan kita *ckckck* ,  hebatnya bukan cuma SMP-SMA yang merokok, saya juga lumayan sering melihat anak umur SD yang sudah kecanduan rokok, sedih nggak sih????. Memang sangat lucu melihat negeri kita begitu kecanduan rokok dan parahnya lagi seolah-olah mengagunkan dan melindungi para perusahaan rokok. Padahal kalu kita tengok di negeri asal rokok ini, USA. Negeri ini aja udah sangat membatasi yang namanya rokok dengan menaikkan pajak mereka begitu tinggi sampai harga rokok disana pun pastinya tinggi. Bukan hanya itu, masyarakat di sana pun mulai mempersepsikan rokok sebagai hal yang tabu sehingga akan jarang ditemukan orang merokok ditempat umum. Indonesia??? . dimana-mana asap rokok, dimana-mana iklan rokok. -_______-. Sebagai penutup saya juga akan melampirkan video menarik tentang fakta rokok yang ada di pots an nya . Selamat menyaksikan ^-^ dan Terima Kasih .

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!